Loading...

Tanaman Pisang Yang Tumbuh Disekitar Kita Ternyata Memiliki Segudang Manfaat, Bahkan Sudah Digukan Terlebih Dahulu Oleh Nenek Moyang Kita

Pisang adalah buah yang tidak sulit untuk ditemukan di negara Indonesia. Pisang memiliki banyak sekali kandungan dan manfaatnya, selain itu pisang juga memiliki beberapa jenis yang juga dapat ditemukan di Indonesia. Pisang tumbuh dengan mudah didaerah Asia bagian Tenggara, jadi tidak heran jika disektiar tempat tinggal anda terdapat pohon pisang, terkadang pisang tumbuh dengan sendirinya tanpa ada yang menanam.


Sayangnya banyak sekali yang tidak paham apa manfaat yang dapat didapat dari buah pisang, sebab banyak orang Indonesia yang lebih memilih buah mahal ketimbang buah pisang yang jauh lebih murah dan memiliki banyak manfaat.

Buah pada pisang kepok mengandung protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat metabolit sekunder lainnya, yang menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya (Forster et al., 2003). Selain itu buah pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, serta mengandung serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak (Prabawati et al., 2008). 

Banyaknya kandungan yang diberikan pada tubuh oleh akan menghasilkan manfaat, berikut ini beberapa manfaat pisang kepok:

Sama seperti jenis pisang lain, pisang jenis kepok merupakan tanaman yang serbaguna dan mengandung banyak manfaat. Mulai dari akar hingga buahnya dapat di manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari manusia. Secara turun temurun, manusia telah memanfaatkan pisang sebagai obat tradisional (obat sementara) sebelum dikenal adanya tindakan medis (Wardhany, 2014). 

Daun pisang yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang berguna untuk menyembuhkan radang selaput lendir mata dan luka bakar (Atun et al., 2007). Pada daun pisang yang sudah tua sering dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan sebagai pakan ternak atau dapat dijadikan pupuk kompos. Selain daunnya, batang pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan juga pupuk kompos (Prabawati et al., 2008). 

Tak hanya daun dan batangnya saja, kulit pisang juga memiliki segudang manfaat. Kulit pisang kepok mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, karbohidrat, juga serat yang cukup tinggi yang secara tidak langsung dapat dijadikan alternatif konsumsi makanan ataupun obat tradisional (Wardhany, 2014). Selain itu kulit pisang juga dapat membantu mengatasi beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan eksem, serta juga dapat membantu mencegah pembentukkan garis-garis baru dalam pembentukkan kulit keriput, dan membantu kulit lebih halus dan segar (Sarullo, 2010). 

Menurut penelitian yang dilakukan Atun, dkk. pada tahun 2007, buah pisang yang memiliki manfaat terbanyak dimana dapat menyembuhkan menghilangkan dahak, menyembuhkan anemia, menurunkan tekanan darah,   membantu menghilangkan pengaruh nikotin, mencegah stroke, menetralkan asam lambung, membantu menetralkan suhu tubuh terutama pada ibu hamil, serta biji buah pisang dapat digunakan untuk radang selaput lendir usus dan juga sariawan. Tidak hanya kulitnya saja yang bermanfaat sebagai pengobatan alternatif, buah Musa paradisiaca L. Juga berkhasiat mengobati diare, disentri, lesi intestinal pada colitis ulceratif, diabetes, sariawan, uremia, nefritis, asam urat, hipertensi dan penyakit jantung (Imam dan Akter, 2011).


sumber : berbagai sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel